Minggu, 13 November 2011

PERANG DUNIA 1

 
PERANG DUNIA 1
A.
Sebab-sebab terjadinya perang
.
Perang dunia 1 pada tahun 1914 sampai tahun 1918 sebernanya hanya terjadi dieropa.Faktor-faktor penyebab pecahnya perang dunia 1 dapat dibedakan menjadidua,yaitu sebab umum dan sebab khusus.Sebab umum adalah sebab-sebab yang sudahlama ada,tetapi belum menyebabkan pecahnya perang.Sebab khusus yaitu peristiwa yangmenyebabkan pecahnya perang secara langsung.
1.Sebab-sebab umum
Sebab umum terjadinya perang dunia 1 dapat dikelompokan menjadi tiga yaituterjadinya pertentangan antara beberapa negara di eropa,terbentuknya aliansi2,danterjadinya perlombaan senjata.
a.terjadinya pertentangan antarnegara di eropa.
Yang menyebabkan terjadinya permusuhan tersebut adalah terjadinyapersaingan,baik dalam bidang politik,ekonomi,maupun dalam memperebutkan wilayahjajahan.Adapun pertentanganantar negara eropa tersebut,antara lain sebagai berikut:1) pertentangan antara jerman dan inggris.prtentangan antara dua negara ini terjadi karena adanya persaingan dalm tigahal,yaitu sebagai berikut:a) Bidang industrib) Perebutan daerah jajahanc) Armada angkatan laut2) Pertentangan antara jerman dan perancisNegara jerman pernah tepecah menjadi negara-negara kecil . pemecahan jerman itdilakukan dalam kongres wina tahun 1815.jerman berusaha mempersatukan kembalinegaranya dan it bersahil.Dalam perang perang tersebut jerman berhasil mengalahkanperancis.Tindakan tersebut dianggap sebagai penghinaan oleh perancis.Oleh,karena itutimbulah rasa dendam dan ingin membalas dendam pada diri rakyat perancis. 3) pertentangan antara jerman dan turki melawan rusia.
 
Jerman dan rusia berebut pengaruh di timur tengah.Sejak abad ke 18,Rusiamenjalankan politik air hangat,yaitu upaya mencari pelabuhan yang tidak membekudi musim dingin.4)     Pertentangan Rusia Melawan Austria-HongariaBaik Rusia maupun Austria-Hongaria berusaha menanamkan pengaruhnyadisemenanjung Balkan. Dalam menjalankan politik Air Hangatnya, Rusia membantugerakan Serbia Raya. Tindakan Rusia ini maengakibatkan ketegangan di kawasantersebut,dan sekaligus memicu pecahnya Perang Dunia 1.5)      Pertentangan antara Austria Melawan ItaliaItalia menganggap beberapa daerahnya,yaitu Tirol selatan,Dalmatia,dan Istia yangdikuasai Austria merupakan ”
Italia Irredenta
”, yaitu daerah yang dikuasai musuh danharus di bebaskan untuk menjadi milik Italia.
b.Adanya Politik Aliansi(Persekutuan
)
Adanya persaingan antarnegara Eropa menimbulkan kekhawatiran dari tiapnegara tersebut,yaitu khawatir akan adanya serangan dari negara yang  menjadisaingannya.Negara-negara Eropa membentuk Aliansi/persekutuan.Adapun persekutuanitu adalah sebagai berikut:1)
triple Aliantie
atau
Drie Bund 
yang dibentuk tahun 1882, beranggotakan negaraJerman,Austri-Honggaria, dan Italia.2)
Triple Entanate
yang dibentuk tahun 1907, beranggotakan negara Prancis, Rusia,dan Inggris.
c.Terjadinya Perlombaan Senjata
Kedua persekutuan yang terbentuk di Eropa saling mencuriagai. Masing-masingmerasa khawatir jika suatu sat lawan akan menyerang mereka. Untuk menghadapikemungkinan itu masing-masing persekutuan mempersenjatai diri. Akibatnya, terjadilahperlombaan dalam pembuatan senjata. Situsi di Eropa membuuat keadaan semakinmemnas.
2. SebabKhusus
Peristiwa yang memnjadi sebab khusus pecahnya perang Dunia 1 adalahterbunuhnya pytra mahkota Ausyria-Hongaria yang bernama Frans Ferdinand besertaistrinya di Sarajevo, ibu kota Bosnia pada tanggal 28 Juni1914. Pembunuhnya ternyataadalah Gavrilo Princip, seorang anggota tentara rahasia ”Tangan Hitam” dari Serbia yangmemiliki cita-cita melepaskan Balkan dari cengkraman Austria-honggaria. Austia-Hongaria mmmmmenjadikan peristiwa itu sebagai alasan untuk memberikan ultimatumpada Serbia yang selalu menentang kehadiran Austria-Hongaria di Balkan. MenurutSerbia untuk menyerahka pelaku pembunuhan dalam waktu 2 X 24jam,Austria-Hongariajuga memonta Serbia untuk menghentikan propoganda anti Austria di Serbia. Sikap kerasAustria mendapat dukungan dari Jerman. Serbia menolak ultimatum Austria-Hongaria
 
karena mendapat perlindungan dari Rusia. Akibatnya,sebulan kemudian pada tanggal 28juli 1914, Austria menyatakan perang pada Serbia.
B.Jalannya Peperangan
 Seminggu setelah pernyataan perang oleh Austria-Hongaria, negara-negara Eropaterlibat dalam peperngan. Negara-negara yang terlibat dalam perang dunia 1 terbagimenjadi dua blok, yaitu sebagai berikut.1.   Blok Sentral yang anggotanya terdiri dari Jerman dan Austria-Hongaria, Turki danBulgaria. Jerman dan Austria-Hongaria merupakan Anggota inti Turki dan Bulgariabergabung di dalamnya karena kebenciannya terhadap Rusia, Italia yang semulatergabung dalam
Triple Aliantie
berbalik dan memihak kepada Sekutu, karena wilayahyang dianggap
Italia Irredenta
- nya tetap dikuasai Austria-Hongaria.2.    Blok sekutu dengan anggota intoinya adalah
Triple Entante
, yitu Inggris, Prancis,dan Rusia. Kemudian  negara-negara lain ikut bergabung dengan sekutu, antara lain:a. Serbia bergabung dengan sekutu karena bermusuhan dengan Austria-Hongaria;b. Jepang karena ingin merebut jajahan Jerman di Pasifik;c. Amerika Serikat karenaJerman melakukan Perang Kapal Selam tak Terbatas. Kapal-kapal Amerika Seriakat, antar lain kapal Lusitania dan kpal Susex di torpedokapal selamJerman hingga tenggelaam.
1. Peperangan di front barat 
Pada bulan Agustius 1914 , Jerman menyerbu Prancis, Belgia dan Luxembrug agar memudahkan tiba di garis pertahanan Prancis. Dalam dua minggu, pertahanan Sekutu diLuik dan Namur Jebol. Karena ketahanan di tepi sumgai Marne, tentara Jermanmembelok keselatan langsung menujukota Paris.Prancis mendapat n\bantuan dari tentara Inggris. Dengan adanya bantuan tersebut,Jerman yang di pimpin Jendral Ludendrof tertahan dan menderita kekalahandi Verdum.Sejak itu, tentara Jerman dan sekutu masing-masing bertahan di paritnya dan akhirnyaterjadi
perang parit 
. Perang ini berlangsung sampai tahun 1918.
2. Peperangan di front timur 
Pada peperangan tahun 1914, Jerman melancarkan serangan ke arah timur untuk menduduki Rusia. Jendral Hindenburg dari Jerman berhasil memakasa Rusiamenandatangani Perjanjian Brest Litowks(1918).
C. Pihak Yang Berperang
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar